5 fakta bahayanya merokok untuk diri sendiri dan orang lain

dk-drugs.com – 5 fakta bahayanya merokok untuk diri sendiri dan orang lain

Merokok adalah kebiasaan buruk yang dapat merusak organ dan menyebabkan berbagai penyakit mematikan. Kenikmatan merokok apa-apa dibandingkan dengan bahaya bagi kesehatan.

Efek dari gaya hidup ini tidak terjadi segera, tapi seiring waktu, berbagai zat di melemahkan dan membahayakan tubuh.

Ringkasan detikHealth, bahaya merokok bagi kesehatan:

1. kanker

Kanker sering merebut singkatan dari “kantong kering”, tapi ini tidak berarti bahwa. Meskipun merokok dapat meningkatkan penggunaan biaya hidup saya, namun pengguna bahaya yang sebenarnya menyembunyikan kesehatan dan mereka yang terkena asap rokok di daerah.

Bahkan, ada lebih dari 60 bahan kimia dalam setiap batang rokok dapat meningkatkan radikal bebas dalam tubuh yang memicu pertumbuhan sel abnormal.

Efek jangka panjang seperti kanker paru-paru, mulut, laring (kotak suara), faring (tenggorokan), esophagus, ginjal, leher rahim, hati, kandung kemih, pankreas perut, usus besar (usus 12 jari).

2. Serangan jantung

Dalam setiap paket bungkus rokok juga mengindikasikan bahaya merokok, terutama penyakit jantung. Setiap menit, hampir 11 juta rokok yang dihisap di dunia dan 10 orang meninggal dari itu.

Rokok mengandung bahan kimia yang bisa menjadi racun bagi tubuh dan menyebabkan kerusakan otot jantung struktur dan pembuluh darah jantung. tar dan nikotin rokok sebagai penyebab penumpukan plak di pembuluh darah, yang kemudian dapat menyebabkan penyakit jantung.

Baca juga : 3 cara untuk mengatasi kecemasan karena virus corona baru

3. diabetes

perokok lebih berisiko diabetes dibandingkan dengan non-perokok atau tidak terkena paparan asap rokok. Memang, nikotin dalam setiap rokok, dan asap dari rokok yang terbakar membuat kadar gula dalam darah menjadi terlalu atau terlalu rendah.

Selain itu, nikotin juga mengubah proses kimia di dalam sel sampai resistensi terhadap insulin, atau di bawah kondisi di mana sel-sel tidak dapat menggunakan gula dalam darah akibat gangguan respon insulin tubuh. Ketika insulin terganggu oleh merokok, kadar gula dalam darah menjadi tidak terkendali.

Jika lulus, kondisi ini dapat meningkatkan komplikasi dari diabetes, seperti masalah jantung, kerusakan ginjal, saraf dan mata.

4. Gangguan Kehamilan dan Janin

Wanita hamil yang merokok atau terpapar asap rokok, akan sangat berbahaya bagi janin. Ketika wanita hamil terpapar asap rokok, pertumbuhan bayi akan terhambat.

Memang, nikotin dalam rokok bisa mencegah plasenta untuk menyerap nutrisi dan oksigen ke bayi. Maka risiko memiliki bayi dengan berat badan rendah, dan penyakit lainnya. Sementara efek berbahaya bagi wanita aktif dan perokok pasif adalah kemandulan atau infertilitas.

5. Disfungsi ereksi

Selain darah mengalir ke jantung terganggu dan otak, karena kandungan berbahaya dari asap rokok. aliran darah ke organ vital atau penis juga akan terganggu.

Aliran darah ke organ vital terhambat juga menyebabkan disfungsi ereksi. Bahaya merokok bagi laki-laki juga dapat menurunkan kualitas sperma, yang telah menjadi masalah faktor ketidaksuburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *