Cara Jadi Hacker Profesional dengan Otodidak

dk-drugs – Hacker lebih dikenal dengan profesi yang dianggap berbau kriminal. Namun pengertian hacker yang sebenarnya adalah orang yang memiliki keahlian untuk masuk ke sebuah sistem komputer. Profesi ini pun dibagi menjadi dua, yaitu White Hat dan Black Hat. 

White Hat adalah sebutan bagi pelaku hacking yang menggunakan kemampuannya untuk kebaikan, misalnya memperbaiki kelemahan suatu sistem dan menjaga keamanannya. Sedangkan Black Hat adalah kebalikannya, pelaku hacking bertopi hitam tersebut menggunakan kemampuannya untuk kejahatan. 

Untuk menjadi hacker memang bukanlah hal mudah, tapi Anda dapat mempelajarinya secara otodidak. Hanya saja diperlukan kesabaran dan ketekunan saat mempelajarinya. Berikut ini cara jadi hacker profesional :

1. Mengerti bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman adalah keahlian utama saat Anda ingin menjadi seorang hacker profesional. Sebab pengetahuan ini menjadi pondasi utama untuk memahami kode rumit pada setiap sistem komputer. 

Bahasa pemrograman yang biasa digunakan adalah PHP, Javascript, serta C++. Anda dapat mempelajarinya melalui buku atau tutorial di youtube. Memang sangat sulit untuk mempelajarinya, namun seseorang dapat menguasainya apabila bisa belajar serius dan tekun. 

2. Jaringan sistem komputer

Cara jadi hacker lainnya adalah harus memahami bagaimana jariringan pada komputer. Hal terpenting dan perlu dipelajari adalah protokol jaringan IP/TCP, FTPs maupun HTTPs. Mempelajari jaringan pada komputer akan memudahkan dalam mengkonfigurasi suatu jaringan dan mengubah alamat tersebut. 

3. Software 

Saat melakukan hacking dibutuhkan software agar dapat mendukung aktivitas ini. Beberapa software yang bisa Anda gunakan adalah Linux, Windows, FreeBSD, dan lain sebagainya. Software ini dapat didownload di google secara langsung.

4. Hardware 

Hardware juga sangat penting dalam mempelajari proses hacking. Hardware merupakan perangkat keras dan sangat berpengaruh terhadap kinerja profesi ini. Selain itu, ketika Anda dihadapkan dengan kerusakan atau masalah, akan bisa memperbaiki sendiri. 

5. Belajar IP Address

IP Address merupakan sistem pemberian alamat pada suatu perangkat dengan menggunakan angka sebagai identitas. Saat ini, perangkat dapat berkomunikasi melalui jaringan dengan menggunakan alamat IP. Apabila Anda ingin menangkap hacker atau mengetahui keamanan dari suatu sistem komputer, Anda perlu mengetahui seluk beluk IP Address.

6. Mempelajari NAT

NAT (Network Address Translation) merupakan salah satu sistem dengan fungsi untuk membuat IP lokal pengguna dapat diwakili oleh alamat IP lainnya. NAT berfungsi sebagai penghubung jaringan lokal dengan jaringan internet. 

7. Memahami DHCP

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) ini memiliki fungsi untuk meminjamkan atau bahkan membagikan alamat IP secara otomatis kepada komputer yang terhubung. Ketika sudah memahami DHCP, tidak perlu mengatur kembali secara manual di setiap komputer.

8. PORT 

PORT merupakan turunan dari identitas perangkat serta dapat mewakili service padai perangkat pengguna.

Baca Juga :  Cara Tukar Poin Tri untuk Dapatkan Voucher Menarik

Itulah beberapa cara jadi hacker dengan meningkatkan kemampuan memahami hal-hal yang berkaitan dengan proses hacking. Anda bisa mempelajarinya secara perlahan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *